Friday, April 22, 2011

Pikiran Sadar (conscious mind) dan Pikiran Bawah Sadar (unconscious mind)

Pikiran manusia layaknya koin yang memiliki dua sisi. Setiap manusia dikaruniai pikiran yang terdiri dari pikiran sadar (conscious mind) dan bawah sadar (unconscious mind). Pikiran sadar (conscious mind) adalah proses mental yang bisa dikendalikan secara sengaja. Dengan kata lain, alam sadar adalah alam yang kita sadari, biasanya bersumber dari sebuah pengalaman atau hal-hal yang bisa diterima dengan akal sehat.
Alam bawah sadar (unconscious mind) adalah proses mental yang berfungsi secara otomatis, sehingga kadang tak disadari. Alam pikir bawah sadar adalah alam pikir spontanitas yang menggerakkan sesuatu diluar indera materi (indera kelima). Oleh karena itu, proses ini disebut juga sebagai indera keenam, sebutan lain dari alam bawah sadar. Alam bawah sadar juga merupakan suatu pemikiran di luar logika, hal yang tidak diketahui sebelum melalui proses pengalaman, hal yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Misalnya, mimpi, lupa, dan lain-lain.
Pikran bawah sadar (unconscious mind) berfungsi memproses kebiasaan, perasaan, memori permanen, persepsi, kepribadian, intuisi, kreativitas, dan keyakinan. Pikiran bawah sadar dapat mengendalikan  aktivitas fisik tanpa disadari oleh pikiran sadar dan dapat mengungkapkan ide atau pikiran yang berada di luar jangkauan persepsi sadar (extra perception). Bahkan saat koma pun, pikiran bawah sadar masih terus bekerja. Sedangkan pikiran sadar (conscious mind) berfungsi mengenali informasi yang masuk dari panca indra, membandingkan dengan memori, menganalisis, da kemudian memutuskan respons spesifik terhadap informasi tersebut.
Secara sadar, mungkin kita bisa lupa. Namun sebenarnya, kita tidak pernah benar-benar lupa, karena  ingatan-ingatan yang terlupakan itu bisa diungkap dengan masuk ke alam bawah sadar. Alam bawah sadar memiliki kemampuan yang luar biasa. Pada kondisi-kondisi tertentu, alam ini dapat bekerja dan mempunyai kemampuan tujuh kali lebih besar dibandingkan alam sadar.

Pikiran bawah sadar (unconscious mind):

- Menguasai 2,3 juta bit informasi
- Simultan/bersamaan
- Intuitif dan menghubungkan
- Sibernetik/acak
- Merasa
- Pengalaman primer
- Tidur, mimpi, dsb
- Gerakan tak sadar
- Menyimpan informasi/memori
- Mengetahui solusi
- Membuat tujuan tercapai
- Otomatis
- Non-verbal
- Sintetik
- Tak terbatas dan meluas
- Eksperiensial
- Memproses langsung, sebelum pikiran bawah sadar menyadari

 
Pikiran sadar (conscious mind) :

- Menguasai 7 ± 2 bit informasi
- Berpikir berurutan
- Logis
- Linier
- Berpikir
- Pengalaman sekunder
- Sadar
- Gerakan sadar
- Masa kini
- Mencoba mengerti masalah
- Memilih/mengarahkan tujuan
- Disengaja
- Verbal
- Analitis
- Fokus terbatas
- Kognitif
- Memproses sesudah 0,5 detik



(Source : Abdul Khafi Syatra-Misteri Alam Bawah Sadar)


No comments:

Post a Comment

Post a Comment